Minggu, 13 Desember 2009

MENJARING PAHALA MELALUI SHOLAT (Senin)


Bismillahirahmanirrahim;






Shalat merupakan pembinaan iman yang menjadi dasar dan syarat utama diterimanya segala amal. namun tentu saja tidak setiap yang melakukan shalat diterima amalnya. Sebab, tidak sedikit orang-orang yang mengerjakan shalat, tetapi sama sekali tidak tahu apa yang dibaca dan dikerjakannya itu.

Melanjutkan tentang bagaimana menjaring pahala melalui sholat terutama sholat sunnah. Apabila kemarin saya membahas tentang bagaimana sholat sunnah di hari minggu baik pada waktu siang maupun malam hari, maka hari ini saya akan mencoba membahasnya di hari senin.  



Sholat Sunnah yang dikerjakan di hari Senin.
 

-->Sholat yang dikerjakan di Siang Hari;
 

Jabir ra. meriwayatkan bahwa Rasullulah Saw. Pernah bersabda :



 Artinya :
Barangsiapa melakukan shalat pada hari Senin ketika hari telah cukup siang sebanyak dua rakaat-dalam setiap rakaat membaca Al Fatihah sekali, ayat Kursi sekali, Qul Huwallahu Ahad (Surat Ikhlash) dan Mu’awwidzatain (Surat Al Falaq dan Surat An- Naas) masing-masing sekali, lalu sesudah salam beristighfar kepada Allah sepuluh kali dan bersalawat untuk Nabi Saw sepuluh kali-, maka Allah Ta’ala mengampuni seluruh dosa-dosanya.

Anas ra. Meriwayatkan bahwa Nabi Saw, pernah bersabda;

Artinya :
“Barang siapa mengerjakan shalat pada hari senin sebanyak dua belas rakaat, dalam setiap rakaat membaca Al Fatihah dan ayat Kursi sekali, lalu sesudah selesai membaca Qul Huwallahu Ahad dua belas kali dan beristghfar dubelas kali, maka ia akan diseru pada hari kiamat: ‘Mana Fulan bin Fulan! Hendaknya ia berdiri pada ganjaran Allah Swt. ‘Maka ganjaran pertama diberikan adalah seribu pakaian ia diberikan mahkota serta dipersilahkan kepadanya: ‘Masuklah kedalam surga!’ lalu ia pun disambut oleh seratus ribu malaikat yang masing-masing membawakan hadiah untuknya dan mereka mengantarkannya keliling disekitar seribu istana yang terbuat dari cahaya yang gemerlapan”.

--> Sholat yang dikerjakan di Malam Hari;


Barangsiapa mengerjakan sholat dua rakaat dalam setiap rakaat membaca Al Fatihah, Qul Huwallahu Ahad dan Mu'awidzatain lima belas kali, lalu sesudah salam membaca ayat Kursi dan beristigfar kepada Allah lima belas kali, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar. 


Diriwayatkan dari Umar ra., bahwa Nabi SAW pernah bersabda;

 Artinya : 

Barang siapa mengerjakan sholat dua rakaat pada malam Selasa dalam setiap rakaat membaca Al-fatihah sekali serta Inna An zalnaahu ... (surat Al Qadar) dan Qul Huwallahu Ahad tujuh kali, maka Allah akan membebaskan dirinya dari api neraka dan pada hari kiamat Dialah yang menjadi pemimpinnya dan menunjukkan jalannya menuju surga”.

Dengan  mengetahui keutamaan dari sholat-sholat sunnah yang ada, mudah-mudahan dapat memperbesar amalan pahala kita kedepan, insya allah. 


Kartini Hadi Santoso;

0 komentar:

Posting Komentar