Senin, 28 Desember 2009

Beberapa Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Wanita


Bismillahirahmanirrahim;


Wanita memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat Muslim. Sebagai istri, ibu dan guru pertama bagi anak-anaknya. Jika ia baik, maka masyarakat menjadi baik, jika ia buruk maka masyarakat akan menjadi buruk.   Lewat Al-Quran dan As-Sunnah Islam membimbing wanita menjadi sosok yang beriman, bertaqwa dan shalihah, baik dengan perintah maupun larangan.  Akan tetapi petaka akan menimpa umat Islam ketika peradaban kafir, terutama barat masuk di tengah-tengah kita sehingga lambat laun mengikis nilai-nilai Islam.  Sadar maupun tidak, mereka banyak melakukan pelanggaran terhadap ajaran Islam.  Karena itu bagi setiap Muslimah yang mendambakan kebahagiaan di dunia dan akhirat sudah semestinya kembali kepada aturan syariat islam yang suci.  Tanpa hal itu kebahagiaan yang didambakan tidak akan pernah tercapai. 


Harus ada niatan yang tulus untuk menggapai hal tersebut diatas yang tentunya dibarengi dengan kesungguhan.  Niat baik dan kesungguhan saja juga belum cukup tanpa dibarengi dengan ilmu.  Ada banyak kesalahan yang mungkin sudah biasa dilakukan wanita, baik karena ketidaktahuan maupun tidak kesengajaan.  Oleh karena itu dengan kita mengenal beberapa kesalahan umum tersebut semoga yang tidak tahu menjadi tahu dan memperbaiki kesalahannya. dan bagi yang melakukannya padahal sudah tahu hukumnya, semoga buku ini menarik kepada jalan yang lurus. 


Beberapa Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Wanita


1. Durhaka Kepada Orang Tua

Durhaka kepada orang tua, dengan mengeraskan suara, membentak, dan membangkan perintah keduanya. Sudah cukup untuk menghardik wanita muslimah dari durhaka kepada orang tua. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al-Isra ayat 23 yang berbunyi : "Maka sekali-kali janganlah kamu berkata kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."   Diantara bentuk kedurhakaan, ialah sebagian wanita tidak membantu ibu mereka dalam pekerjaan rumah, ketika sang ibu memerintahkan hal itu kepadanya baik dengan isyarat maupun secara terang-terangan. 


2. Tidak Menyuruh Yang Ma'ruf dan Mencegah Yang Mungkar
Adakalanya penyebab untuk tidak melakukan amar ma'ruf nahi mungkar bagi wanita muslimah adalah malu kepada orang-orang disekitar mereka, terutama jika mereka lebih tua usianya, lebih tinggi status sosialnya, atau membiarkan hal itu dengan alasan : biarkan mahluk kepada penciptanya.  Hal ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam Surat At-Taubah ayat 71 yang artinya : "Dan orang-orang  yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf mencegah yang mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Mahabijaksana.


3. Merajalelanya Penyakit Lisan di Forum-forum Wanita.
Salah satunya penyakit lisan adalah berbicara atas nama Allah dengan tanpa Ilmu, yaitu seorang wanita berfatwa kepada lainnya dengan mengatakan : perkara ini halal dan ini haram, demikian juga tidak menerima atau menolak fatwa dari para ulama.  Juga merajalelanya ghibah, namimah, dan penyakit-penyakit lisan lainnya. 


4. Tidak Menjaga Matanya.

Membuka mata untuk melihat keharaman dan tidak menundukkan pandangan dari laki-laki asing. Seolah-olah perintah agar menundukkan pandangan itu berlaku untuk kaum laki-laki saha, tidak berlaku untuk kaum wanita. Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nur ayat 31 yang artinya : "Katakanlah kepada wanita yang beriman, 'Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka.'
Bila melihat laki-laki asing itu secara langsung, melalui layar televisi, majalah, surat kabar maupun selainnya, yang menyebabkan bergejolaknya syahwat dan membawa kepada fitnah. Demikian pula masuk dalam kategori pengharaman, wanita melihat aurat wanita lainnya. 


5. Wanita menyerupai laki-laki.
Ini bisa berkenaan dengan pakaian, gerakan, diam, berjalan, bicara, atau seorang wanita terlibat dalam pekerjaan yanghanya dilakukan kaum laki-laki. Nabi bersabda : "Semoga Allah melaknat laki-laki yang berpakaian seperti wanita, dan wanita yang berpakaian seperti laki-laki."    
yang perlu disebutkan disini adalah kaum wanita yang berlumuran dengan lumpur peradaban barat dan pemikirannya yang busuk, serta mereka sangat berkeinginan untuk membawa prinsip-prinsip yang kotor itu ke negeri Islam. 

6. Terjerumus Riba

Sebagaian wanita terjerumus kedalam salah satu bentuk riba, yaitu dengan pergi ke penjual emas untuk menukar emasnya yang lama dengan emas yang baru dan membayar selisih harga kepada secara langsung. Ini adalah riba yang sebenarnya. Mestinya, agar terbebas dari riba ia menjual emasnya yang lama dan menerima harganya terlebih dahulu, kemudian ia membeli emas sesukanya seperti yang ditunjukkan oleh Rasulullah. 


7. Menyia-nyiakan Waktu untuk Perkara Yang Tidak Berguna
Banyak sebagian wanita muslimah menyia-nyiakan waktunya didepan cermin, atau berbicara panjang lebar tanpa guna bersama teman wanitanya lewat telepon. Dengan itu, ia membuang waktunya yang berharga yang notabene adalah kehidupannya, dan tidak menghabiskannya untuk suatu yang bermanfaat yang berguna serta amalan lainnya yang mendatangkan pahala yang besar kepadanya. 


8. Keterpedayaan dan Kesombongan.

Keterpedayaan dan kesombongan merasuk kedalam hati wanita disebabkan memiliki penampilan yang menawan, memakai pakaian yang mahal harganya, kecantikan yang Allah anugerahkan kepadanya atau selainya. Ini kemungkaran berbahaya yang dapat membawa pelakunya kepada kebinasaan. Rasullulah bersabda : "Tidak masuk surga siapa yang dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun seberat dzarrah."  


9. Tidak berbekal dengan ketaatan
Sebagian wanita (semoga Allah SWT memberi petunjuk kepada mereka) tidak mengenal Al-Quran kecuali pada bulan Ramadhan, sebagian dari mereka tidak mengenal Sholat Witir dan Sholat Dhuha, serta tidak memelihara sholat-sholat sunnah rawatib. 


10. Mengikuti hal-hal yang buruk
Mengikuti majalah-majalah murahan, video, nyanyian, setia menonton film, sinetron, pertandingan, tinju, dan keburukan-keburukan lainnya lewat televisi, video atau melalui media yang menjadi prahara bagi umat, yaitu yang dikenal dengan Chatroom.  uatu hal yang menyebabkan sebagian wanita sangat kagum dengan para pelaku kebusukan atau yang biasa disebut dengan seni. Mereka mengumpulkan foto-fotonya dan mengikuti dalam hal berpakaian, berbicara dan bergerak, serta mereka berkeinginan mempratekkan adegan, tarian dan nyanyiannya. Ini adalah kesesatan yang terbesar. 



Saudariku yang mulia, dengan kita mengetahui sebagian dari beberapa kesalahan yang lazim dilakukan oleh wanita, mudah-mudahan Allah selalu membimbing kita untuk tidak terjerumus kedalam salah satu kemungkaran tersebut.   Oleh karena itu saudariku berhati-hatilah agar tidak menjadi ahli neraka. Semoga Allah memberi taufik kepada kita dan menjadikan kita sebagai hamba yang sholeh lagi taat. 


Kartini Hadi Santoso;

0 komentar:

Posting Komentar