Minggu, 20 Desember 2009

BERIKANLAH HADIAH YANG BERMANFAAT

Bismilahirrahmanirohim:
              

Rasulullah SAW bersabda; "Hendaklah kalian saling berbagi hadiah, maka kalian akan saling mencintai". (H.R. Imam Bukhari).  Selanjutnya Imam Ja’far ash-Shadiq as., pernah menjelaskan "Berbagilah hadiah agar kalian saling mencintai, sebab hadiah menghilangkan keresahan dan jenis-jenis hadiah itu terbagi menjadi tiga: ganjaran, perbuatan dan hadiah yang disumbangkan untuk Allah".
                           
Kali ini saya ingin membahas hadiah yang bersifat ganjaran dan perbuatan seperti yang telah dijelaskan diatas.  Tentunya tidak semua hadiah itu selalu bersifat barang, melainkan dapat juga berupa ganjaran dan perbuatan yang kita tujukan untuk orang yg kita sayangi dan hal ini  jarang sekali kita pahami. Sehingga kita sering terjerumus apabila didalam memberikan suatu hadiah haruslah berbentuk suatu barang yang terkadang nilai dari barang tersebut belumlah tentu disenangi oleh orang yang kita beri.   
                                 
Oleh karena itu kali ini saya coba untuk memberikan 10 tips didalam memberikan hadiah yang paling disukai dan  yg sesuai untuk diberikan kepada siapa saja yang kita kasihi seperti  ibu, ayah, suami, isteri, saudara, anak dan sebagainya.


1. Hadiah Mendengar:
Berikan hadiah ini kepada yang memerlukan, dan Anda harus benar-benar mendengar apa yang dikatakan. Jangan mencela, jangan berangan-angan dan jangan pula berniat bagaimana kamu ingin membalas.


2. Hadiah Tanda Kasih:
Jangan pelit memberikan pelukan, ciuman dan ramasan tangan. Biarkan tanda-tanda kecil ini menunjukkan rasa kasih dan sayang  yg ada di dalam diri anda


3. Hadiah Sehelai Notice:
Ini mungkin ringkas seperti "Sayang" atau sesuatu yang kreatif seperti sebuah puisi. Letakkan catatan-catatan ini di tempat yang tidak disangka oleh orang yang dikasihi.


4. Hadiah Ketawa:
Berikan sesuatu yang melucukan seperti gambar kartun atau artikel. Intinya adalah, "bergembira bersama."


5. Hadiah berupa Pujian:
Sesuatu yang simple seperti "Warna biru memang cocok dengan kamu atau "Sedap masakan kamu" mempunyai nilai yang tinggi kepada orang yang mungkin merasa dia senangi.


6. Hadiah Bantuan:
Membantu mencuci piring, membuang sampah, menjaga anak, dan lain-lain.



7. Hadiah memberikan kesempatan untuk menyendiri:
Ada waktunya kita ingin menyendiri. nah kita harus peka pada saat -saat itu dan berilah waktu dan tempat untuk dia menyendiri.


8. Hadiah Keceriaan:
Mencoba dan berupaya supaya kita senantiasa ceria apabila bersama orang-orang yang dikasihi.

9. Hadiah Permainan:
Dalam suatu permainan sebaiknya secore kemenangan kita hadiahkan untuk orang yang kita kasihi.....berusaha mengalah demi orang yg kita kasihi.



10. Hadiah Doa:
Selalu berdoa untuk kesejahteraan orang-orang yang kita cintai dan beritahu lah mereka yg senantiasa  berada di dalam doa kita.

Mudah-mudahan dengan mengetahui tips hadiah diatas, kita tidak terjebak untuk selalu memberikan hadiah berupa barang saja, namun sebaiknya  kita juga harus  mengerti dan memahami arti suatu hadiah yang kita berikan.

Kartini Hadi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar