Sabtu, 28 November 2009

TIPS CANTIK BERKERUDUNG

Bismillahirahmanirraim,

Dalam berkerudung ada kaidah Islam yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesempurnaan beribadah, alangkah baiknya jika kaidah itu dibarengi dengan menerapkan teori dasar desain busana yang dapat menjadikan penampilan seseorang yang berkerudung dan berbusana tertutup semakin menyejukkan.

Kerudung sebagai media yang membingkai wajah merupakan titik perhatian utama tampilan seorang muslimah. Mengkonsep sebuah gaya kerudung, tak hanya dibutuhkan keahlian dalam mengkombinasi, menyemat, dan menjalin helai demi helai kain dalam sebuah tatanan.

Melihat fenomena yang berkembang di masyarakat dimana berkerudung sudah lebih biasa dibanding era-era sebelumnya yang sekaligus mengajarkan agar setiap perempuan tetap cantik dan tampil gaya tapi nyaman saat berkerudung selain pula menampilkan berbagai variasi gaya berkerudung. Dengan alasan demikian, maka penulis mencoba untuk memberikan tips praktis bagi kaum muslimah untuk berkerudung agar memiliki penampilan gaya dan serasi sebagai berikut :

1. KENALI BENTUK MUKA
Setiap individu dianugrahi bentuk muka yang berbeda satu sama lain dan masing-masing memiliki kelebihan. Dan dengan lebih mengenalinya anda akan semakin mudah menentukan
kerudung yang sesuai.

a. Bentuk Muka Oval


b. Bentuk Muka Bulat


c. Bentuk Muka Kotak


d. Bentuk Muka Segitiga


e. Bentuk Muka Panjang


Temukan bentuk wajah Anda, dan pahami koreksi yg diperlukan dibawah ini :
Koreksi Untuk Bentuk Muka Oval
- Pilih ciput lentur ber-pet sedikit lebih dari lebar dahi.
- Kerudung dasar diterapkan dengan kosentrasi sematan di belakang tengkuk, lalu ditarik dan disematkan di kiri dan kanan telinga, kemudian disilangkan menutup leher.
- Hiasan kerudung dipusatkan di bagian sisi bawah telinga

Koreksi Untuk Bentuk Muka Bulat
- Pilih ciput lentur ber-pet yang kedua sisinya jatuh di bawah tulang pipi.
- Kerudung dasar diterapkan dengan kosentrasi sematan di bawah dagu.
- Hiasan kerudung dipusatkan di bagian belakang kepala, agak ke posisi puncak.

Koreksi Untuk Bentuk Muka Kotak
- Pilih ciput dengan pet lebar dan lentur sehingga bagian atas wajah dapat berbentuk luwes, tidak kaku
- Kerudung dasar diaplikasikan dengan kosentrasi sematan di bawah dagu.
- Aplikasi kerudung dikomposisikan asimetris untuk memberi kesan lebih luwes.

Koreksi Untuk Bentuk Muka Segitiga
- Pilih ciput lentur ber-pet yang sedikit lebih kecil dari lebar dahi
- Kerudung dasar diterapkan dengan kosentrasi sematan di belakang tengkuk, lalu ditarik dan disematkan di kiri dan kanan telinga, kemudian disilangkan menutup leher.
- Hiasan kerudung dipusatkan di bagian sisi bawah telinga.


2. MENGGUNAKAN BANDO, CIPUT & SCARF.
  • Bando atau Headband
Dalam berkerudung bando memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat pertama yang menarik rambut hingga anak rambut, sehingga saat berkerudung rambut akan tersimpan
rapi. Selain menarik rambut, bando juga memberikan efek tertentu pada bentuk muka dan kepala sehingga menjadikan raut muka terlihat lebih memanjang.

  • Ciput
Alasan utama pemakaian ciput adalah agar rambut rapi tersimpan di balik kerudung. sebab saat digunakan ciput juga dapat membantu agar kerudung dapat diam di kepala dan hasilnya adalah kerudung yang rapi sepanjang hari. Selain untuk mendudukan kerudung, ciput juga berguna untuk memperindah bentuk kening. Kening yang lebar dan tinggi dapat terlihat lebih kecil berkat ciput.


  • Scarf
Scarf atau juga dapat disebut selendang lebih sering digunakan untuk yang berbentuk segi panjang sementara scarf lebih sering digunakan untuk yang berbentuk kotak.

3. MENGENALI DUA GAYA DASAR BERKERUDUNG
  • Kerudung Bertemu di Bawah Dagu

Cara memakainya adalah dengan meletakkan scarf diatas ciput dengan simetris, lalu pertemukan kedua sisinya di bawah dagu, kaitkan dengan menyematkan peniti kecil. Kelebihan gaya dasar kerudung dagu ada pada kemampuannya untuk
seketika memperkecil area muka.

  • Kerudung Bertemu di Balik Tengkuk
Cara memakainya adalah dengan meletakkan scarf diatas ciput dengan simetris, lalu tarik ujung kiri kanannya ke belakang tengkuk dan ikatkan. Ambil sisa salah satu ujung scarf yang telah terikat, tarik kearah depan dan silangkan didepan leher. Tambatkan ke tepi scarf yang
berada di bawah kuping dengan menggunakan jarum pentul. Gaya dasar berkerudung
tengkuk ini menjadikan area rahang terlihat lebih lebar.

4. ACCESORIS/ PERNAK-PERNIK BERKERUDUNG




Ingin mempercantik dan memberi kesan lain pada kerudung Anda? Kenakanlah aksesoris sebagai bahan pelengkap. Pilih aksesoris yang pas dan serasi dengan warna kerudung. Misalnya untuk acara resmi, kenakan aplikasi kerudung dari bahan sifon glitter ditambah manik-manik, atau bros bebatuan. Untuk busana casual, sebaiknya pilih aksesoris yang lebih sederhana. Misalnya bros berukuran kecil, atau bandana dengan tambahan aksen lipit. Untuk pemilihan manik-manik, pilih warna doff (tidak mengkilap)

Aksesoris seperti bros atau korsase bisa disematkan di bagian samping, bawah telinga, atas kepala atau bagian belakang. Untuk korsase, cukup kenakan satu saja jika ukurannya besar. Jika berukuran kecil atau sedang, bisa dikenakan 2 atau 3 pieces. Anda juga bisa mengenakan bandana di atas kerudung, kemudian tambahkan kalung bebatuan untuk kesan lebih resmi. Hiasan ini cocok untuk menghadiri pesta pernikahan atau pesta yang sifatnya formal.


5. SAAT KERUDUNG RAPI TERPASANG

Ambil sebuah cermin, dan lakukan beberapa pengamatan :
  • Periksa kondisi kerudung Anda dari arah depan, samping kanan, samping kiri dan belakang. Pastikan bahwa tatanan tampak indah dan luwes dipandang dari berbagai sudut, sehingga Anda tampak cantik dilihat dari arah manapun.
  • Tengok ke kanan dan kiri. Apakah anda merasakan pegal tengkuk dan leher ? Pastikan diri Anda merasa nyaman selama mengenakan kerudung.
  • Ayunkan kepala ke kanan dan kiri, kedepan dan belakang agak keras untuk menguji apakah seluruh ornamen tersemat dengan baik dan dijamin tidak lepas.

6. TIPS PRAKTIS BERKERUDUNG

  • Selendang Melambai

  • Keindahan Bordir


  • Bando Pelangi


  • Selendang Motif
  • Sentuhan Glamor


Akhir kata dengan mengharapkan ridho-Nya, semoga tips berkerudung diatas dapat memberi inspirasi bagi kaum muslimah untuk dapat menciptakan kreativitas atas pertimbangan gaya busana, kepribadian, tema acara dan kepantasan bentuk wajah.

Doa kami, semoga dapat selalu memberi inspirasi dalam berkerudung, selamat berkreasi.....!


Kartini Hadi Santoso

6 komentar:

Berbagiberita mengatakan...

Memang wanita berkerudung jadi tambah cantik :)

Anonim mengatakan...

subhanallah......sunggu anggun wanita yang menutup auratnya....
terima kasih ya infonya...bagus banget

oh y, klo sempat silahkan mampir ke website kami di www.kerudungrizhani.com
atau www.busanamuslimdiskon.com

Anonim mengatakan...

subhanallah......sunggu anggun wanita yang menutup auratnya....
terima kasih ya infonya...bagus banget

oh y, klo sempat silahkan mampir ke website kami di www.kerudungrizhani.com
atau www.busanamuslimdiskon.com

nia mengatakan...

subhanallohhhhh.......
trima kasih info nya....
kalau bisa kasih info yang jilbab ala turki y,,,

Anonim mengatakan...

kurang penjelasan

asep mengatakan...

bagaimana jika model yang dipakai wanita jelek supaya kesan cantik setelah berjilbab akan benar - benar timbul

Poskan Komentar