Selasa, 30 Maret 2010

Keajaiban Make Up (Part.1)

Bismillahirrahmanirrahim;

Teman-temanku pernah dengar kata-kata "KECANTIKAN WANITA ITU RELATIF, DAN SEMUA WANITA ITU CANTIK", banyak perempuan yang tersenyum kecut mendengar hal tersebut apalagi kalau mereka sendiri tidak pernah merasa cantik ataupun cukup cantik.

Tapi coba perhatikan keajaiban MAKE UP yang seperti cerita Cinderella karena dengan make up seorang perempuan/ wanita bener-bener seperti disihir. Ini buktinya dimana penampilan seorang wanita sebelum bisa berubah jauh sesudah di make up!!!

PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT!!!!!!!!!!!!!!!!!











Alhasil bisa kita lihat bahwa dengan bermake-up tentunya dari penampilan kita yang biasa saja akan tampak lebih cantik apabila kita dapat menggunakan make-up dengan benar seperti gambar yang ditunjukkan diatas dimana tampak bahwa seorang wanita akan tampil cantik.

Teman-temanku..., setiap perempuan khususnya wanita muslimah dituntut untuk bisa menggabungkan dua jenis kecantikan, yaitu kecantikan lahir dan kecantikan batin.

Kecantikan Batin adalah sesuatu yang akan dilihat Allah pada diri hamba-Nya dan letak kecintaan-Nya. Rasulullah SAW bersabda "sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk fisik dan harta kalian" (HR Riwayat Muslim). Perlu diingat bahwa kecantikan batin akan mempercantik bentuk fisik, meskipun bentuk fisik itu tidak cantik dan bagus. Kecantikan batin akan memberikan keindahan, kecantikan dan kebagusan pada diri pemiliknya sesuai kadar kecantikan batin yang dimiliki, meskipun ia tidak cantik.

Kecantikan Lahir adalah sesuatu yang diberikan Allah kepada sebagian orang yang dikehendaki-NYA sebagai bonus atas diri mereka. Allah berfirman "Dia menambahkan kebagusan pada ciptaan yang dikendaki-NYA" Banyak kalangan ulama yang menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan tambahan pada ayat ini adalah suara dan bentuk fisik yang bagus dan hati yang selalu terikat dengan Allah.

Jadi pada intinya kecantikan lahir dan kecantikan batin merupakan anugerah Allah pada hamba-NYA yang wajib disyukuri dengan cara selalu menjaganya dan bertaqwa kepada-NYA. Dengan kedua cara ini, kecantikan mereka akan semakin bertambah.
Namun yang menjadi persoalan sekarang bagaimana seorang wanita yang ingin berpenampilan cantik, karena secara fitrah ilahiah wanita menyukai kecantikan.
Teman-temanku Rasulullah SAW pernah bersabda 'Sebaik-baik manfaat yang bisa diperoleh oleh seorang muslim adalah perempuan yang cantik, yaitu yang membuat senang dipandang, menurutinya jika diperintah serta menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi.

Islam telah menetapkan beberapa dasar yang menjadikan kecantikan menjadi sempurna untuk selamanya. Namun, setiap roang berbeda pendapat soal kecantikan atau kriterianya.. Sebagian besar orang hanya memandangnya sebatas kenikmatan semu, tidak akan bertahan lama, akan cepat hilang dan pudar.
Lantas, kecantikan yang bagaimanakah yang sesuai dengan syariat Islam yaitu Al-Quran dan Sunnah ?
Dalam Al-Quran kata Al-Jamal (kecantikan, keindahan) hanya disebutkan satu kali, yaitu pada ayat keenam surah Al Nahl. "Dan kamu memperoleh keindahan padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya (ketempat pengembalaan).

Secara sekilas ayat ini menunjukkan fitrah manusia yang menyukai kecantikan dan keindahan. Isyarat yang disebutkan Al-Quran ini menunjukkan pandangan bahwa kecantikan dan keindahan adalah unsur utama dalam kehidupan seorang wanita. Dalam konsep Islam, kecantikan itu meliputi kehidupan beserta seluruh isinya dan segala sesuatu yang ada disekitar manusia.


Didasari pemikiran dan konsep Islam yang dikemukakan diatas, maka dapat diambil garis besar yaitu secara fitrah wanita itu memiliki dua kecantikan yaitu kecantikan lahir dan kecantikan batin. Dalam kecantikan lahir seorang wanita ingin tampak cantik yang merupakan anugrah yang diberikan Allah SWT.

Atas dasar hal tersebut, maka setiap wanita yang ingin tampil cantik pastiakan mempersolek dirinya yang salah satunya adalah dengan bermake-up. Namun dalam hal bermake-up tentunya sebagai wanita muslimah harus pandai-pandai menggunakan make-up yang tidak berlebihan dan sesuai dengan syariah agama Islam. 
Oleh karena itu inilah tips untuk bermake up ala KHS yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua.

1. Pakailah toner dan pelembab
biar tidak jadi jerawat karena kotoran yang menempel dan tertimbun akibat make up, mulailah dengan membersihkan wajah. Dari leher bisa memakai pembersih lanjutkan dengan menggunakan toner dan pelembab. Tahap yang ini bisa membuat wajah kita lebih segar

2. Pakai alas bedak
foundation akan di dapatkan atau alas bedak bisa membuat make up dan warna-warni menyatu sempurna. Saran saya nih pilih warna foundation yang satu tingkat lebih tinggi dari warna kulit anda.

3. Concealer
seperti kata saya tadi kalau make up bisa menyamarkan atau menutupi kekurangan wajah dengan. Nah keajaiban itu ada pada concealer! Alat ajaib ini bisa membuat anda menyamarkan kantung mata, jerawat, flek dll.

4. Eyeshadow
pilih warna-warna eyeshadow yang dapat membantu wajah terlihat segar dan muda. Warna yang dapat dipilih antara lain warna hijau, peach, ungu, emas

5. Eyeliner
Saran saya untuk pemula pakai yang pinsil saja, walau yang cair memang memberi kesan mata cantik dan lebih besar, tapi jangan coba-coba pakai eye liner yang cair kalau lagi buru-buru

6. Blush on
pilihlah warna yang berwarna natural seperti warna pink atau peach, blush juga bisa membuat kita terlihat lebih kurus kalau dipakai di belakang tulang pipi

7. Lipstik dan lipgloss
pilih lipstik yang berwarna sama atau satu tingkat lebih tinggi dari warna bibir. Hindari bibir dengan warna yang terlalu kontras. Pakai juga lipgloss agar bibir terlihat segar

8.pensil alis
rapikan alis dengan pensil alis agar alis mata kita terlihat indah.

Jadi, buat teman-temanku para wanita muslimah yang merasa tidak cantik bersoleklah dan yakinlah kalau kalian itu cantik. Kalian hanya perlu berani menunjukkan kecantikan kalian, bukan hanya cantik fisik (lahir) namun juga cantik secara batin (sikap dan perilaku).


Wassalam
Kartini Hadi Santoso (KHS)


Sumber : Buku Pintar Fikih Wanita Muslimah dan berbagai sumber lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar